by

Wawan Suwandi, Sosok Dibalik SLB Negeri Pertama di Cineam

-Nasional-239 views

Bandung, sb.com.

Wawan Suwandi, mempelopori alih status dari SLB ABC PGRI Cineam menjadi menjadi SLBN Cineam, satu-satunya SLB negeri di Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, dan jumlah SLBN bertambah satu lagi.

Sejak 2013

Wawan mengungkapkan, semua berawal dari rapat Camat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kecamatan Cineam yang membahas tentang Yayasan PGRI pada 2013. Rapat tersebut membahas tentang kemungkinan SLBN ABC PGRI Cineam menjadi SLB negeri. Sebab, belum ada satu pun SLB negeri di kecamatan tersebut. “Tolong Pak Wawan, bisa enggak sekolah ini dinegerikan?” ucapnya menirukan pertanyaan Pak Camat, Selasa (24/11/2020).

Wacana tersebut pun didukung oleh Yayasan PGRI serta pihak komite sekolah bernama Tatang Ending yang merupakan pemilik tanah sekolah tersebut. Total luas lahan saat itu sudah memenuhi persyaratan untuk menjadi sekolah negeri. “Setelah diusulkan (menjadi sekolah negeri), tapi ternyata masih ada persyaratan yang kurang,” ungkapnya.

Dari sanalah, usaha kepala sekolah kelahiran Tasikmalaya, 26 Agustus 1965 ini diuji. Ia bersama manajemen sekolah terus berupaya memenuhi persyaratan tanpa kenal lelah. Perjalanan dari sekolah menuju kantor cabang dinas hingga Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) di Jalan Dr. Radjiman Kota Bandung menjadi hal lumrah. “Semua karena dua alasan. Pertama sudah didukung semua pihak, kedua demi anak-anak,” tegasnya.

Meski sempat beristirahat setahun (pada 2018), namun ia meyakini proses alih status negeri sekolah tersebut akan terealisasi sebentar lagi. Kepala sekolah lulusan Universitas Galuh Ciamis itu pun sigap menyempurnakan persyaratan.

Akhirnya, sejak diajukan kembali pada 2019, surat keputusan (SK) alih status negeri keluar setahun setelahnya. Bagi Wawan, SK tersebut merupakan puncak dan kebanggaan sebuah perjuangan. “Apa yang kami perbuat rasanya sudah terobati. Mulai dari awal kami ke sana kemari, meminta dukungan, dan memenuhi persyaratan, akhirnya lelah kami terobati dengan SK ini. Alhamdulilllah,” ucapnya haru.

Sejahterakan Siswa

Wawan berharap, melalui alih status ini, SLBN Cineam mampu meningkatkan prestasi dan kesejahteraan siswa. “Semoga bisa membantu kesejahteraan anak-anak karena rumah mereka jauh-jauh. Kemudian, dari segi fasilitas juga bisa dioptimalkan untuk meningkatkan prestasi yang telah dicapai,” harapnya.

Kepala Kacadisdikwil XII, Abur Mustikawanto pun memuji kerja keras Pak Wawan dan rekan-rekan di SLB Cineam. Menurutnya, proses alih status ini tak lepas dari support semua pihak, terlebih Kepala SLBN Cineam. “Pak Wawan Suwandi sangat aktif memperjuangkan sekolahnya,” ujarnya, saat menghadiri peresmian alih status SLBN Cineam, belum lama ini.

Abur berharap, SLBN Cineam mampu melayani seluruh siswa berkebutuhan khusus yang ada di wilayah Cineam. “Semua anak berkebutuhan khusus harus dilayani. Jangan sampai ada anak berkebutuhan khusus yang tidak berpendidikan,” imbaunya.

Tingkatkan Pelayanan

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) Disdik Jabar, Nanang Nurwasid mengatakan, alih status ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang PKPLK.

“Ini adalah yang dicita-citakan, diharapkan, dan diperjuangkan oleh sekolah. Insya Allah, ini akan menjadi sejarah dan menjadikan SLBN Cineam semakin jaya, maju, dan lebih sukses,” tuturnya.

Meski telah resmi dikelola oleh provinsi, namun Nanang mengimbau SLBN Cineam untuk tetap membumi dan fokus melayani masyarakat. “Saya titip kepada para guru dan lainnya, jangan ada dikotomi. Walaupun sekarang telah dikelola oleh provinsi, namun kehadiran SLBN Cineam adalah untuk melayani masyarakat Cineam,” tegasnya. ( Red ).

News Feed