by

Sidang Perdana di PN Bandung, Praperadilan Pemilik Warung Talaga Resmi Digelar

-Hukum-137 views

suarabangsaku.com

Fifi Yuliana selaku pemilik Warung Talaga dilaporkan kepada pihak kepolisian akibat meminjam uang dari pelapor Suandi Rizal Hendrawan.

Kasus tersebut berawal pada bulan Mei sampai dengan bulan November 2019, terlapor telah meminjam sejumlah uang kepada pelapor dengan jaminan beberapa lembar cek dan bilyet giro. Terhadap peminjaman uang tersebut terlapor juga telah melakukan pembayaran kepada pelapor dalam kurun waktu bulan Mei 2019 sampai dengan bulan Maret 2020.

Akan tetapi terlapor merasa heran karena akibat peminjaman uang tersebut, terlapor kemudian dilaporkan oleh pelapor kepada pihak kepolisian hingga ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana penipuan dan atau pengelapan serta ditahan.

Mendapat perlakuan yang tidak adil tersebut Fifi Yuliana melalui Penasihat hukumnya dari Kantor Advokat Muhammad Dafis S.H. & Associates kemudian mengajukan Permohonan Praperadilan kepada Pengadilan Negeri Bandung Kelas 1.A Khusus terhadap Polrestabes Bandung yang terdaftar dengan Nomor Register Perkara 37/Pid.Pra/2020/PN Bdg.

Adapun yang menjadi obyek Permohanan Praperadilan tersebut terkait dengan sah atau tidaknya penetapan tersangka.

Muhammad Dafis S.H. selaku Penasihat hukum Pemohon menjelaskan bahwa Permohonan Praperadilan tersebut diajukan untuk menguji mengenai sah atau tidaknya penetapan tersangka yang dilakukan oleh Polrestabes Bandung terhadap Klien kami Fifi Yuliana karena Kami menduga telah terjadi manipulasi bukti sehingga menimbulkan persepsi bahwa Klien kami telah melakukan tindak pidana penipuan, padahal hubungan hukum antara Klien kami dengan pelapor adalah murni bersifat keperdataan dalam hal ini pinjam meminjam uang.

Untuk itu Kami selaku Penasihat hukum Pemohon Fifi Yuliana memohon kepada Hakim yang menanggani perkara untuk dapat memeriksa secara cermat terhadap bukti-bukti yang ada dan berkenan memutuskan:

1. Mengabulkan Permohonan Praperadilan Pemohon untuk seluruhnya.

2. Menyatakan Surat Perintah Penyidikan Nomor : SP.Sidik/36.a/VII/2020/Reskrim tanggal 28 Juli 2020 dan Surat Perintah Penyidikan Nomor : SP.Sidik/1483.a/VIII/2020/Reskrim tanggal 19 Agustus 2020 tidak sah dan batal demi hukum.

3. Menyatakan Surat Ketetapan Tersangka Nomor : S.Tap/19e/IX/2020 tanggal 21 September 2020 tidak sah dan batal demi hukum.

4. Menyatakan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh Termohon yang berkaitan dengan penetapan tersangka terhadap diri Pemohon.

5. Memerintahkan Termohon untuk menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan pada Laporan Polisi Nomor : LP/238/VI/2020/JBR/RES TABES/BDG/SEKTOR SUKAJADI tanggal 27 Juni 2020 atas nama Sdr. Pelapor Suandi Rizal Hendrawan.

6. Memulihkan hak Pemohon dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya.

7. Membebankan biaya perkara kepada Termohon.

Atau, Mohon putusan yang seadil-adilnya (ex aequo et bono).Sidang ditunda kamis depan karna pihak termohon tidak hadir dalam persidangan.

(ferry/SB)

News Feed