by

Sekdisdik Jabar: Kepala Sekolah Garda Terdepan Wujudkan Sekolah Juara

-Nasional-161 views

Bandung, sb.com

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, adalah garda terdepan dalam mewujudkan pendidikan yang lebih bermutu. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Disdik Jabar, Wahyu Mijaya dalam acara “Pembinaan dan Temu Wicara: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat kepada Pengawas, Kepala SMA, SMK, SLB KCD Wilayah XI” di Kampung Sampireun Resort & Spa, Jalan Raya Samarang, Kab. Garut, Selasa (10/11/2020).

Khususnya Disdik Provinsi Jawa Barat (Jabar) yang memiliki berbagai program unggulan, Sekdisdik mengajak seluruh tenaga kependidikan berkolaborasi guna mewujudkan seluruh program yang digulirkan Disdik Jabar.

“Bapak/Ibu (kepala sekolah) ada di garda terdepan dalam mewujudkan program unggulan kita, seperti Sekolah Juara. Jika dalam prosesnya banyak terjadi kekurangan, mari kita perbaiki guna mendapatkan hasil yang lebih baik dan positif untuk menjadikan putra/putri kita sebagai generasi unggul,” ajaknya.

Terkait rekrutmen Bakal Calon Kepala Sekolah (BCKS), Sekdisdik menjelaskan, hal ini untuk memberikan kesempatan kepada semua guru yang memenuhi kriteria untuk ikut mencalonkan diri menjadi kepala sekolah. “Semoga, dengan formulasi baru ini kita bisa mendapatkan calon kepala sekolah yang bisa memimpin sekolah dan mencetak generasi emas di masa mendatang,” harapnya.

Sosialisasikan Pedoman BCKS

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Guru Tenaga dan Kependidikan (GTK), Asep Suhanggan menyosialisasikan pedoman BCKS. Menurutnya, tujuan BCKS ini untuk mendapatkan calon kepala sekolah yang memiliki potensi kepemimpinan yang baik.

“Untuk mendapatkan pemimpin yang visioner tentu harus memiliki kompetensi,” ujarnya.

Penyusunan pedoman BCKS ini, lanjutnya, sebagai acuan Disdik Jabar, Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah I-XIII, dan satuan pendidikan SMA, SMK, SLB serta pihak terkait dalam melaksanakan proses rekrutmen calon kepala sekolah. “Khususnya dalam pengusulan dan pelaksanaan Seleksi Administrasi Bakal Calon Kepala Sekolah Tahun 2020,” paparnya.

Asep pun memaparkan beberapa persyaratan BCKS SMA, SMK, dan SLB, di antaranya:

  1. Memiliki kualifikasi akademis paling rendah sarjana (S1) atau diploma IV
  2. Memiliki sertifikat pendidik
  3. Memiliki pangkat paling rendah penata golongan ruang III C
  4. Pengalaman mengajar paling singkat 6 tahun
  5. Memiliki hasil Penilaian Prestasi Kerja (PPK) Guru dengan sebutan paling rendah “baik” selama 2 tahun terakhir
  6. Usia paling tinggi 56 tahun pada 31 Desember 2021

Kepala Kantor Cadisdik Wilayah XI, Asep Sudarsono pun berharap, kepala sekolah di lingkungan Cadisdik Wilayah XI dapat mengikuti sebanyak mungkin seleksi BCKS. “Semoga semuanya lolos seleksi,” harapnya.

Acara Pembinaan Pengawas, Kepala SMA, SMK, SLB KCD Wilayah XI ini diisi pula masukan dan aspirasi dari para audiensi. ( red ).

News Feed