by

Rakorprov Pokja Bunda PAUD, Langkah Awal dan Monumental Bangun PAUD di Jawa Barat

-Nasional-184 views

Bandung, sb.com.

Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Ridwan Kamil , mengatakan,: Pentingnya pendidikan dan perawatan anak usia dini yang berkualitas merupakan suatu hal yang bersifat global, hal ini merujuk pada pandangan yang berlaku di seluruh belahan dunia yang mempercayai bahwa investasi dalam pendidikan, khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan faktor penting bagi sebuah negara agar dapat bersaing di era globalisasi”.

Menurut Atalia, di Indonesia, tercermin sebagaimana diterbitkannya kebijakan PAUD Holistik Integratif pada Perpres 60/2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, di Provinsi Jawa Barat sendiri, kita akan mencoba menginisiasi ‘Kebijakan PAUD Holistik Integratif Khas Jawa Barat’ sehingga dapat diimplementasikan secara baik ke seluruh PAUD di Jawa Barat..

Atalia berharap, seluruh pelayanan pengembangan anak usia dini dapat dilaksanakan secara holistik dan terintegrasi. Sehingga, tercapai terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia.

“Tentu kolaborasi menjadi kata kunci untuk mewujudkan fungsi dan tujuan PAUD HI tersebut. Kolaborasi ‘Pentahelix ABCGM’, yaitu akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah, dan media menjadi kunci penting,” ujarnya.

Pemerintah pun, lanjutnya, tidak hanya bertumpu pada sebagian tingkatan, namun perlu komprehensif, mulai dari tingkat pusat, provinsi, kab./kota hingga tingkat desa.

Salah satu pemangku kepentingan yang dipandang memiliki peran strategis untuk mengolaborasikannya dan menciptakan layanan PAUD berkualitas holistik integratif adalah “Bunda PAUD”.

“Hal tersebutlah yang melatarbelakangi dilaksanakannya Rapat Koordinasi Provinsi (Rakorprov) Pokja Bunda PAUD ini. Semoga, Bunda/Yanda yang hadir di sini dapat memanfaatkan Rakoprov secara optimal untuk berdiskusi dan berkolaborasi dalam merumuskan kebijakan pengembangan anak usia dini yang sesuai dengan kondisi di Jawa Barat,” paparnya.

Atalia juga berharap, dengan hadirnya narasumber dari Kemdikbud pada Rakorprov hari ini dapat memberikan pencerahan mengenai arah kebijakan PAUD HI yang berkualitas. Sehingga, akan terbentuk persepsi, arah, dan tujuan yang sama dalam mengimplementasikan pengembangan anak usia dini yang holistik dan integratif, khususnya di Provinsi Jawa Barat.

“Saya harap, Kepala Dinas Pendidikan Kab./Kota dapat menginisiasi pembentukan Kelompok Kerja Bunda PAUD Kab./Kota yang dapat melibatkan organisasi mitra PAUD di masing-masing daerah agar kolaborasi pentahelix dalam pengembangan anak usia dini dapat terbentuk tidak hanya di tingkat provinsi, namun juga di tingkat kab./kota,” ungkapnya.

Setelah terbentuknya Pokja Bunda PAUD kab./kota, diharapkan dibentuk juga Pokja Bunda PAUD tingkat kecamatan, desa/kelurahan.

“Semoga segala niat baik dan upaya kita senantiasa berada dalam petunjuk, bimbingan, rida, dan perlindungan Allah SWT, Tuhan yang Maha Esa,” tutupnya. ( red ).

News Feed