by

Pemprov Jabar Kembangkan Pendidikan SMK Kemaritiman, Dengan Menggandeng City of Glasgow College.

-Nasional-112 views

Bandung, sb.com.

Provinsi Jawa Barat (Jabar) resmi bekerja sama dengan City of Glasgow College untuk mengembangkan pendidikan vokasi di bidang ikemaritiman. Penandatanganan letter of intent (LoI)/perjanjian kerja sama dilaksanakan secara virtual di Gedung Pakuan, Rabu (18/11/2020).

Surat kerja sama tersebut ditandatangani oleh Gubenur Jabar, Ridwan Kamil sebagai pihak kesatu dan Vice Principal of City of Glasgow Collage, Roy Gardner sebagai pihak kedua. Penandatanganan kerja sama secara virtual tersebut dihadiri pula oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins.

Gubernur mengatakan, kerja sama ini mencakup lima poin. Pertama, pembangunan sekolah kemaritiman di Jabar berfokus pada bantuan pembangunan kurikulum vokasi dan transfer pengetahuan teknologi kemaritiman. Kedua, peningkatakan kompetensi bagi guru di bidang keahlian kemaritiman. Ketiga, peningkatan kemampuan bahasa. “Keempat, bantuan uji kompetensi siswa di perusahaan kemaritiman dan kelima pemberian bantuan dalam proses pembangunan manajemen logistik,” tutur Gubernur.

City of Glasgow College, menurut Gubenur, memiliki spirit yang sama untuk mendorong peningkatan industri kemaritiman global. “Kita bisa mengadopsi berbagai keunggulan yang dimiliki mereka sebagai sekolah vokasi internasional terbaik di dunia,” jelasnya.

Kerja sama tersebut, jelas Gubernur, dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang bersaing untuk pengembangan area ekonomi baru yang digagas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, yakni Rebana Metropolitan. Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Kota Cirebon.

“Melalui program kemitraan ini, saya percaya akan mampu berkontribusi dalam mengembangan sumber daya mansuia serta pengembangan ketenagakerjaan untuk menghadapi Rebana Metropolitan sebagai segitiga emas zona ekonomi di Jabar,” tuturnya.

Sementara itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyambut baik kerja sama tersebut. Sebab, hal ini membuka kesempatan besar bagi pertumbuhan ekonomi dan pengembangan sumber daya manusia di Jabar. “Inggris menyambut baik kolaborasi berkelanjutan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal pengembangan kemampuan guru, staf pengajar, dan siswa, sekaligus peningkatan kurikulum guna memastikan lulusan sekolah vokasi dapat memenuhi tuntutan industri,” ujarnya.

Melalui kerja sama ini, Jenkins menyatakan, ini menjadi bukti eratnya hubungan kedua negara untuk mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan. “Inovasi seperti ini adalah yang dicita-citakan oleh Presiden Jokowi dalam visi dan misinya. Selamat!” pungkasnya.

( red ).

 

 

News Feed