by

Mantan Petinggi Jiwasraya Divonis Seumur Hidup, Negara Juga Menyita Rp 18,4 Triliun


Jakarta,www.suarabangsaku.com

Mantan petinggi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di Kementerian BUMN di vonis penjara seumur hidup, ini menunjukkan pada masyarakat luas, bahwa jamur – jamur perusak BUMN benar–benar dibersihkan.

Ketiga mantan petinggi Jiwasraya yang divonis tersebut adalah, mantan Direktur Utama Jiwasraya Hendrisman Rahim, mantan Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, dan mantan Kepala Divisi (Kadiv) Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan, Demikian disampaikan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga,  Rabu, (14/10- 2020).

Ketua Umum Ormas Generasi Penggerak Anak Bangsa ( GPAB ), Elfin S. BE, mengatakan,  “bahwa dengan membawa kasus Jiwasraya pada proses hukum sudah tepat, begitu juga dengan vonis yang dijatuhkan, agar menjadi peringatan buat semua pihak, dan kedepannya, tidak lagi terjadi hal seperti ini, karena para pelaku koruptor, merasa ciut untuk meraup dan menggelapkan uang Negara. Elfin juga menambahkan, jika para koruptor divonis maksimal, kurun 5 sampai 10 tahun, bangsa ini akan jauh lebih baik dan masyarakat akan sejahtera.

Kejaksaan Agung juga menyita aset senilai Rp 18,4 triliun dalam kasus di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), yang nantinya akan masuk ke kas negara dalam bentuk penerimaan bukan pajak, namun, untuk sampai inkrah butuh waktu sekitar 2 hingga 3 tahun.Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, proses hukum terhadap Jiwasraya terus berjalan. Di sisi lain, pemerintah juga merasa harus bertanggungjawab. Apalagi, skandal Jiwasraya terkait dengan 2,63 juta nasabah di mana lebih dari 90% ialah pemegang polis manfaat pensiun.Maka itu, pemerintah menyuntikan modal sebesar Rp 22 triliun kepada PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) atau BPUI. Nantinya, BPUI membentuk anak usaha IFG Life untuk menyelamatkan Jiwasraya.”Jadi satu sisi proses hukum berjalan sisi lain menyangkut kredibilitas kita sebagai pemegang saham, mau nggak mau kita harus bertanggung jawab,” terangnya. ( Morris ).

 

News Feed