by

Kabid PKPLK Disdik Jabar Resmikan Alih Status SLBN Cineam

www.suarabangsaku.com

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar), Nanang Nurwasid meresmikan alih status Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC PGRI Cineam menjadi SLBN Cineam Kabupaten Tasikmalaya. Peresmian digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan di halaman SLB Cineam, Jln. Cikondang No. 113, Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (1/10/2020).

Nanang mengatakan, alih status ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya di bidang PKPLK. Terlebih, terwujudnya alih status tersebut merupakan buah kerja keras dan kerja sama semua pihak. Mulai dari keluarga besar SLBN Cineam, kepala sekolah, guru, siswa, orang tua siswa, komite, Kantor Cabang Dinas Wilayah (Kacadisdikwil) XII hingga pemangku kebijakan di lingkup Kecamatan Cineam.

“Ini adalah yang dicita-citakan, diharapkan, dan diperjuangkan oleh sekolah. Insya Allah, ini akan menjadi sejarah dan menjadikan SLBN Cineam semakin jaya, maju, dan lebih sukses,” tuturnya.

Meski telah resmi dikelola oleh provinsi, namun Nanang mengimbau SLBN Cineam untuk tetap membumi dan fokus melayani masyarakat. “Saya titip kepada para guru dan lainnya, jangan ada dikotomi. Walaupun sekarang telah dikelola oleh provinsi, tapi kehadiran SLBN Cineam adalah untuk melayani masyarakat Cineam,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Kepala Kacadisdikwil XII, Abur Mustikawanto. Proses alih status ini tak lepas dari support semua pihak, terlebih Kepala SLBN Cineam, Wawan Suwandi yang sangat aktif memperjuangkan sekolahnya.

Menurut Abur, SLBN Cineam harus mampu melayani seluruh siswa berkebutuhan khusus yang ada di wilayah Cineam. “Semua anak berkebutuhan khusus harus dilayani, jangan sampai ada anak berkebutuhan khusus yang tidak berpendidikan,” imbaunya.

Kepala SLBN Cineam, Wawan Suwandi mengatakan, terlaksananya alih status ini merupakan buah dari perjuangan panjang yang dimulai sejak 2013 silam. “Apa yang kami perjuangkan, capainya sudah terobati dengan adanya SK ini, Alhamdulillah,” ungkapnya.

Wawan berharap, melalui alih status ini, SLBN Cineam mampu meningkatkan prestasi dan kesejahteraan siswa. “Semoga bisa membantu kesejahteraan anak-anak karena rumah mereka jauh-jauh. Kemudian, dari segi fasilitas juga bisa dioptimalkan untuk meningkatkan prestasi yang telah dicapai,” harapnya.

Menurut Wawan, sekolah yang berdiri sejak 2004 tersebut sarat prestasi, khususnya di bidang seni dan olahraga. Dua prestasi yang telah diraih, yakni juara band tingkat provinsi dan juara kursi roda mewakili Provinsi Jabar di tingkat nasional.

 

(SB)

News Feed