by

DUNIA PENDIDIKAN DI TENGAH PANDEMI.

Madura.www.sb.com

Pandemi covid 19 berdampak pada semua sektor, kehidupan dan tak luput juga dari dampaknya yaitu, dunia PENDIDIKAN, berikut petikan wawancara dengan WA KEP/WA KUR SEK SMA I.BAYAUTES SAMPANG! bapak badrutamam

Reporter SAB :bagaimana sesungguhnya dampak terhadap ada pandemi global saat ini thd pendidikan? Terutama kegiataan belajar mengajar di sekolah bapak?

Wa kep sek:dari awal pandemi memang sedikit ada kendala, walaupun, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan,mulai bejara di rumah, kemudian daring,dan selanjutnya di adakan uji coba kegiatan belajar tatap mukan, walaupun tidak maksimal seperti biasanya, namun demikian di harapkan kepada semua siswa, agar tetap bersangat belajar walaupun, sebatas dirumah!

SAB:menurut anda dampak dan pengaruh pademi ini yang paling pokok apa saudara badrutamam?

WA KEP SEK: saya kira banyak pengaruhnya, apalagi, saat sekarang, semua siswa sebagian besarnya memiliki gajget, saya rasa waktunya sebagian besar di habiskan pada teknologi yang sudah jadi bagian kebutuhan hidup saat sekarang ini, namun demikian saya berharap orang tua di rumah harus ikut andil dan lebih perduli pada setiap siswa /anak ketika berada di rumah masing_masing.dan himbauan saya, tetap belajar, jaga kesehataan, taati dan patuh pada org tua!

SAB : Apa pendapat bapak, tentang kwalitas pelajar kita, di tengah dinamika kehidupan, yang sejalan dengan zaman dan tekhnologi, termasuk pendapat kecendrungan menggunakan media sosial dan lain sebagaianya”?

Badrutamam : Saya kira semua harus bijak, menggunakan tekhnologi termasuk handphone, sebab dunia maya yang marak berkembang juga, mengandung hal-hal positif dan negatif, kembali kepada bimbingan orang tua di rumah masing-masing, di mana org tua, harus selalu mamantau aktifitas anaknya dalam hal waktu dan dampak negatif dari pada penggunaan tekhnologi itu, sebab hal – hal yang baik dan burukpun yang di kerjakan dan kebiasaan siswa, semua bermula dari dalam rumah, mengingat, kapasitas kita sebagai pendidik hanya terbatas di lingkungan sekolah, dengan estimasi waktu yang sangat terbatas, apalagi di tengah pandwmi seperti saat ini, saya anjurkan juga kepada segenap siswa agar bijak menggunakan te hnologi tersebut! Yang pada akhirnya juga, jika hal-hal baik yang  hadir dalam jiwa anak, itu semata-mata, buat masa depan mereka juga! Lain dari pada itu juga akhlaq dan moral siswa harus di kedepankan dan harus menjadi perhatian khusus orang tua di rumah dan pengajar di sekolah,!

SAB : Menurut saudara, kiat apa yang dapat menjadikan siswa lebih terjaga, baik kwalitas moral dan semangatnya dalam belajar,,?

Badrutamam : Ya pendidikan agama dan perhatian orang tua, lebih di mungkinkan untuk hal itu, di samping bimbingan kami di sekolah! Sebab masyarakat kita, terutama madura umumnya, kulturnya agamis, dan terkadang juga lingkungan tempat mereka tinggal juga berpengaruh, dan saran saya orang tua juga, harus sangat memberi perhatian lebih, terhadap lingkangan tempat anak-anak biasa berkumpul, sebab seiring sengan perkembangan zaman dan pola hidup yang beraneka, tidak sedikit remaja kita, yang masih tercatat pelajar banyak yang terjerumus dalam lingkaran negatif, seperti misal narkoba, dan pornografi, maka dari itu sekolah juga sering memberi bimbingan rohani, kepada siswa, dan harapan saya wali murid juga harus extra dalam memberikan hal yang sama kepada anak- anaknya, mengingat kehidupan siswa lebih banyak waktu di rumah dan di lingkungan sosialnya di luar sekolah

SAB: harapan bapak kedepan terhadap dunia pendidikan dan nilai-nilai bagi bangsa ini?

Badrutamam : Saya berharap kedepan dunia pendidikan kita lebih bermutu dengan di dukung, undang-undang pendidikan baik per men dan mentri yang mengeluarkan kebijakan demi majunya program dan dunia pendidikan saat ini dan kedepannya, sebab moral masyrakat kita bisa di nilai juga dari sisitwm pendidikan awalnya di sekolah, dan dunia pendidikan sejati membawa peradaban baru bagi siswa dan setelahnya, agar tercipta suatu hal hal yang bermutu(bangsa) yang semuanya ber awal di bangku sekolah,mari kita berdoa mudah2an pandemi ini segera berakhir dan proses belajar mengajar kembali seperti semula, harapannya adalah masa depan bangsa kedepan lebih baik dan bangsa kita menjadi maju, berkat program belajar yang bermutu

SAB : ada kiat lagi mungkin yang di sampaikai bapak badrutamam?

Badrutamam : Usulan saya kedepan setiap ada penerimaan siswa baru, harus selektif terutama, kami mengingkan bekerja sama dengan pihak kesehatan dan instansi berkaitan, ketika pendaftaran, calon siswa harus di tes urin, mengingat semua daerah sudah terdampak dengan pengunaan narkoba dan psikotropika lain, dan di wilayah sampang utara sepertinya sudah jadi zona tertentu dalam peredaran narkoba tersebut, kenapa saya tekankan demikian”? Supaya siswa yang terdampak narkoba dan mnejadi siswa di sekolah kami, tidak membawa pengaruh ke lingkungan sekolah, sehingga berdampak buruk!

SAB : hal lain mungkin pak yang bisa di usulkan dan di wacanakan kedepan demi kemajuan sekolah SMA banyuates I?

Badrutamam : Kami berupaya meningkat extrakurikuler di sekolah, di bidang bimbingan rohani, dan yang lain, kenapa seperti itu”? Menurut saya bimbingan rohani extra di sekolah sangat di butuhkan siswa, dimasa usia labil mereka, sebab, sekolah juga merasa bertanggung jawab terhadap tingkah laku dan akhlaq mereka terutama di sekolah dan di lingkungan sosial mereka tinggal, di samping yang sudah saya sampaikan di atas, bahwa peran orang tua sangatlah penting, tapi dengan bersinerginya peran guru dalam mendidik siswa di sekolah, dan peran orang tia di rumah, kami berharap mental suram siswa dapat terarasi dan membawa satu jiwa yang luhur nantinya, sebagai generasi yang pernah terdidik!

( Ali Alhabshyi ).

News Feed